Mengenal Peran Lembaga Pemerintah Di Pasar Modal

Selain para investor yang merupakan pelaku utama di pasar modal, lembaga pemerintah memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung dan memberikan kelancaran dalam proses bidang perdagangan dalam pasar modal. Untuk lembaga pemerintahan yang erat kaitannya dengan pasar modal diantaranya adalah badang pasar modal, departemen teknik, kehakiman dan badan koordinasi penanaman modal BPKM.

Setiap lembaga tersebut memiliki peranan masing-masing. Seperti lembaga yang mengatur pasar modal memiliki tugas untuk mengatur dan menjalankan proses pasar modal yang ada di indoneisa. Kemudian ada BKPM yang akan menampung perusahaan yang akan menanamkan modal dalam negeri maupaun modal asing. BKPM akan memberikan izin sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Izin akan dikeluarkan oleh pihak BKPM jika sudah memuat besarnya modal dasar, jumlah dana untuk investasi, komposisi pemegang saham dan batas waktu proses penyetoran modalnya.

Sedangkan untuk departemen teknik nantinya yang akan mengawasi secara teknik tentang proses penanaman modal dan pasar modal itu berjalan. Dengan departemen ini semua teknis akan mudah dipantau dan diatur sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa ada pihak yang bertindak seenak saja dalam melaksanakan pasar modal yang ada di indonesia. Untuk departemen kehakiman tugasnya memiliki kewenangan untuk menghakimi pihak yang tidak bertanggung jawab terutama, yang menyeleweng dalam pasar modal dan pihak departemen inilah yang menindaklanjuti di jalur hukumnya.

Itulah beberapa peranan penting lembaga pemerintah yang wajib untuk diketahui bagi seluruh masyarakat yang ikut andil dalam pasar modal. Terutama bagi para investor baik dari dalam maupun luar negeri harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku dan ditetapkan. Supaya nanti bisa memberikan hal yang diinginkan dan pasar modal yang dijalankan tidak ada masalah dalam bentuk apapun. Dengan adanya lembaga dari pemerintah ini, semua pasar modal akan berjalan sebagaimana mestinya yang diharapkan dan memberikan keuntungan tersendiri bagi yang mengikuti pasar modal. Pemerintah akan selalu memberikan kemudahan bagi siapapun yang memetuhi aturan yang diberlakukan.

Leave a Reply