Mengenal Salah Satu Pump Indonesia Jenis Elektromagnetik

Pompa merupakan alat yang dipergunakan untuk memindahkan zat cair dari satu tempat ke tempat yang lain. Salah satu jenis pump Indonesia adalah Pompa elektromagnetik. Pompa jenis ini menggunakan prinsip elektromagnetik untuk memindahkan cairan dan cairan yang dapat dipindahkan adalah cairan metal. Pompa ini banyak dipergunakan pada instalasi nuklir dan keunggulannya adalah jenis pompa ini dapat memompa cairan panas dan tidak terlalu bising karena tidak memiliki bagian yang bergerak.

Dalam pengaplikasian pump Indonesia jenis elektromagnetik ini, yang harus diperhatikan adalah adanya kapitasi atau gejala pembentukan rongga serta pecahnya rongga yang mengandung uap fluida gas bebas. Akibatnya kapitasi ini dapat membahayakan dan mengurangi kinerja dari pompa. Akibatnya, pompa menjadi berisik, peningkatan getaran serta mengkorosikan atau membuat logam dari impeller menjadi berkarat. Logam yang berkarat tersebut jika tidak diperbaiki dan dirawat dengan benar dapat menyebabkan pompa menjadi rusak dan terjadi gesekan di sudut impeller.

Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kapitasi yaitu:

  • Tekanan hisap atau Hs yang terlalu tinggi
  • Poros impeller atau penampang pipa yang terlalu kecil
  • Adanya suatu getaran serta terjadi lekukan pada pipa hisap
  • Temperatur fluida yang terlalu tinggi
  • Kecepatan putaran pada impeller lebih besar jika dibandingkan dengan kecepatan aliran fluida.

Untuk mencegah terjadinya kapitasi pada pump Indonesia, cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur agar kecepatan aliran air yang masuk ke impeller sedikit lebih besar dibandingkan dengan kecepatan pada sisi hisap. Beberapa hal yang harus diperhitungkan untuk instalasi pompa adalah ketinggian pompa akan permukaan zat cair yang akan dihisap sebaiknya sedekat mungkin sehingga daya hisap statis lebih rendah, pipa suction sebaiknya dibuat sependek mungkin, jangan memperkecil laju aliran dengan cara menghambat aliran sisi hisap. Jika kapitasi tidak dirawat dan diperbaiki, maka kemungkinan terakhir adalah mengganti pipa. Anda dapat membeli pipa di Winston Indonesia yang menyediakan pompa untuk aplikasi di bidang pekerjaan kota, industri, pengkondisian udara, pembuangan dan pengolahan limbah. Jadi, pilih Winston Indonesia sebagai penyedia pipa yang berkualitas dan handal.

Leave a Reply