5 Langkah Perencanaan Bisnis Di Dunia Internet Marketing

Bagi Anda yang memutuskan dunia internet marketing merupakah hal yang ingin dijalani secara full time atau ingin menjalankan sebuah bisnis yang serius di dunia internet, maka Anda membutuhkan perencanaan bisnis. Ini adalah salah satu faktor paling penting menurut saya untuk membangun bisnis menjadi besar melalui internet. Ingat, jika Anda sudah memiliki perencanaan, maka kesempatan untuk sukses akan terbuka lebar. Berikut ini adalah 5 langkah perencanan bisnis di dunia internet marketing.

  • Mulai dengan satu hal

Sebenarnya banyak para internet marketer newbie yang sudah memiliki perencanaan bisnis, namun sayangnya itu hanyalah sebuah rencana saja. Berdasar pengalaman dari banyak newbie yang sharing kepada saya, mereka ini banyak yang sudah memiliki rencana, bahkan bisa lebih dari satu hingga belasan rencana untuk terjun ke internet marketing tapi pada akhirnya mereka justru kebingungan mana yang mau dilakukan dulu, kebanyakan berpikir soal rencana terbaik yang pada akhirnya justru tidak ada yang dijalankan sama sekali. Mulai dengan satu rencana yang terkonsep dengan baik, lakukan hingga berjalan dengan baik sesuai apa yang sudah direncanakan baru kemudian lanjut ke rencana selanjutnya.

  • Pelayanan customer sangat diperlukan

Jika Anda mempunyai sebuah produk baik itu berupa produk digital, fisik atau jasa sekalipun, Anda akan membutuhkan pelayanan untuk pelanggan yang terbaik. Pelayanan yang baik merupakan salah satu tonggal awal untuk mendapatkan customer yang loyal pada Anda.

  • Buat website Anda simpel dan mudah digunakan

website

Seorang internet marketer setidaknya harus memiliki sebuah website untuk meningkatkan kepercayaan pada calon customer. Ok, meskipun sekarang tidak begitu diperlukan karena bisa dilakukan dari situs social media seperti Facebook, Twitter, dan forum-forum, namun akan lebih baik jika Anda memilikinya agar lebih berkesan professional. Buat website dengan dasar jika Anda seorang pengunjung sebuah website. Jangan lupa untuk mengutamakan kemudahan navigasi dan kelengkapan informasi dalam website Anda.

  • Cari satu metode pembangun trafik

Dipoin ini biasanya para internet marketer newbie terlena. Mereka sudah memiliki website yang professional kemudian mereka berpikir bahwa pengunjung akan datang begitu saja tanpa ada usaha lain. Kenyataannya ini tidak akan terjadi begitu saja dan harus ada usaha untuk mendapatkan trafik kunjungan ini misalnya dengan SEO, social media atau metode-metode traffic generation lainnya. Membangun trafik inilah sebenarnya termasuk kategori marketing, entah itu yang dilakukan secara gratisan atau berbayar. Penggunaan iklan juga salah satunya.

  • Jadilah ahli dibidang Anda

Karena Anda akan menggunakan nama Anda untuk seluruh aktifitas di internet marketing, maka Anda harus membranding nama Anda untuk menjadi ahli dalam bidang yang ditekuni. Ini akan memakan waktu yang tidak singkat, namun percayalah. Anda akan selalu belajar dan mengambil pengalaman selama proses ini serta membangun branding Anda ke titik dimana semua orang akan mencari Anda jika ingin mencari informasi yang sesuai dengan bidang yang mereka ingin ketahui dari seorang ahlinya.

Jika Anda sudah memiliki perencanaan, hal berikut tentulah di Action kan. Tidak ada alasan yang bagus untuk mengatur ulang atau berpindah ke rencana lainnya sebelum apa yang sudah Anda rencanakan ini berjalan dengan mulus dan selesai dengan sesuai. Ini sangat penting karena jika berhenti di tengah jalan, jelas akan merugikan Anda dan Anda sendiri tidak akan pernah melihat hasilnya. Pastikan untuk membuat perencanaan yang matang dan Anda ikut rencana tersebut mulai awal hingga akhir. Ini akan membuka kesempatan Anda untuk sukses sesuai dengan apa yang sudah Anda rencanakan kedepannya.

Leave a Reply