Cara Mendapatkan KPR Rumah Murah Melalui FLPP

Rumah merupakan hal yang sangat dibutuhkan manusia karena selalu menjadi tempat yang dicari ketika orang telah menyelesaikan aktivitas bekerja, belajar maupun bermain. Namun, tidak semua orang memiliki rumah. Rumah tidak harus mahal asalkan nyaman. Rumah murahpun dapat menjadi tempat tinggal yang baik. Rumah murah bisa didapatkan dengan cara sitem KPR rumah murah. KPR merupakan kepanjangan dari Kredit Pemilikan Rumah. Artinya Anda dapat memiliki rumah Anda sendiri dengan membayar cicilan atau kredit dalam jangka waktu tertentu. Rumah yang bisa didapatkan melalui Kredit Pemilikan Rumah tidak hanya rumah berjenis tapak, tetapi juga rumah susun.

Kredit Pemilikan Rumah tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma melainkan dengan syarat-syarat tertentu. Anda harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk bisa mendapatkan KPR rumah murah. Untuk bisa mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah, Anda juga bisa memohon Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan syarat-syarat sebagai berikut:

  • Anda WNI (warga negara indonesia) yang berdomisili di Indonesia
  • Telah menikah atau setidaknya telah berusia 21 tahun
  • Belum memiliki rumah dan belum pernah mendapat subsidi pemerintah dalam hal pemilikan rumah
  • Penghasilan pokok tidak melebihi ketentuan FLPP
  • Masa kerja atau usaha minimal 1 tahun
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Pemberitahuan (STP) Pajak

Syarat utama bagi Anda yang ingin mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah melalui FLPP adalah penghasilan Anda tidak lebih dari 4,5 juta rupiah dan pembelian rumah harus melalui pengembang yang memiliki kerjasama dengan FLPP. Anda tidak perlu merasa khawatir karena Anda bisa memiliki hunian yang murah asalkan memenuhi syarat-syarat tersebut. Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam menyiapkan uang muka atau Down Payment, jangan khawatir karena ada program khusus KPR rumah murah dari Bank Tabungan Negara (BTN) dengan uang muka 1%. Prioritas program khusus dari BTN adalah untuk rumah susun di perkotaan karena rumah susun lebih menghemat lahan, bebas banjir serta lebih layak. Meskipun program ini diprioritaskan untuk rumah susun perkotaan, namun tidak menutup kemungkinan juga program ini untuk rumah tapak.

Leave a Reply