Dibandingkan Dengan Kamera DSLR, Kamera Mirrorless Lebih Unggul Dalam Hal Ini

Pertama kali dirilis pada tahun 2004, menunjukkan bahwa kamera mirrorless sesungguhnya bukanlah suatu barang baru dalam dunia fotografi. Hanya saja pada awal-awal kemunculannya, fitur dan teknologinya masih terbatas dan belum secanggih pendahulunya, kamera DSLR. Baru beberapa tahun belakangan ini, kamera mirrorless mulai dilirik oleh para pecinta fotografi. Bahkan tak sedikit penggemar DSLR yang kemudian beralih ke kamera mirrorless. Wajar saja, karena saat ini teknologi dan fitur kamera mirrorless sudah canggih dan mampu menggeser kedudukan DSLR camera karena beberapa keunggulannya, seperti di bawah ini:

1. Desain Compact, Ringkas Dan Ringan

Seperti yang kita tahu, bentuk DSLR yang cukup besar karena banyaknya susunan cermin dan juga pentaprisma yang terdapat padanya. Berbeda dengan kamera mirrorless yang memiliki desain dan ukuran bodi yang lebih ringkas dan ramping sehingga tidak menyita banyak ruang. Bahkan banyak yang mengira, kamera mirrorless mirip dengan pocket digital kamera. Hal ini membuat kamera mirrorless cocok dibawa untuk berlibur atau hunting foto untuk koleksi pribadi maupun profesional.

2. Hasil Gambar Yang Tak Kalah Mantap

Selain karena tombol operasinya lebih sedikit dan cara pengoperasiannya tidak serumit DSLR, kamera mirrorless menghasilkan kualitas gambar yang tidak mudah blur sehingga sangat cocok untuk para pemula. Dalam hal menghasilkan foto dalam format JPG maupun RAW, kamera mirrorless sudah cukup mumpuni meski hanya akan sedikit berbeda untuk urusan ketajaman gambar. Namun pengaturan ISO, focus, metering, HD quality video dan penggunaan mode manualnya tak berbeda jauh dengan DSLR.

3. Harga Lebih Murah

Satu lagi yang membuat kamera mirrorless kini mulai diminati, harganya masih cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kamera DSLR, padahal keunggulannya cukup banyak jika keduanya disandingkan. Untuk ‘level yang sama’ antara DSLR dan kamera mirrorless, harganya bisa terpaut 2-3 juta. Hanya dengan 4-5 jutaan saja, Anda sudah bisa membawa pulang sebuah kamera mirrorless baru. Meski demikian, ada juga kamera mirrorless yang harganya mencapai 15-20 juta rupiah. Semua tergantung pada fitur dan kecanggihannya.

 

Leave a Reply