Kekurangan Situs Search Engine Optimization Dibandingkan Dengan Situs Non-SEO

Kekurangan Situs Search Engine Optimization Dibandingkan Dengan Situs Non-SEO

Kekurangan Situs Search Engine Optimization Dibandingkan Dengan Situs Non-SEO

Sebuah situs atau halaman website yang menawarkan barang, jasa ataupun informasi terkait perusahaan dengan Search Engine Optimization memang dikenal memiliki banyak kelebihan. Akan tetapi, ternyata masih ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan dari situs yang menggunakan optimisasi SEO ini. Pertama, situs maupun halaman yang menggunakan SEO tidak bisa segera muncul di urutan pertama hasil pencarian pada mesin pencari. Dibutuhkan waktu beberapa hari, minggu atau bahkan bulan tergantung dari berapa optimalnya SEO yang dipakai serta faktor-faktor lain. Sementara situs atau halaman yang berupa iklan dapat langsung menjadi nomor pertama pada hasil pencarian hanya dengan membayar pada mesin pencari tersebut.

Optimalisasi SEO juga membutuhkan biaya, waktu serta usaha. Walaupun hasil yang didapat nantinya akan lebih permanen dibandingkan dengan situs atau halaman yang tidak memakai Search Engine Optimization, namun situs tanpa SEO cukup membayar saja agar halaman websitenya berada di urutan pertama hasi pencarian pada mesin pencari. Dengan hasil SEO yang permanen serta dapat membangun identitas brand, persaingan yang terjadi justru akan semakin ketat. Hal ini akan menyebabkan banyaknya pesaing dengan SEO yang lebih optimal, sehingga lebih banyak situs atau halaman web yang bersaing untuk menjadi urutan pertama di hasil pencarian pada mesin pencari. Situs yang telah berada di urutan pertama juga sangat mungkin untuk segera digantikan dengan situs yang lain.

Sementara situs yang tidak memakai SEO, mereka hanya akan tergeser dari urutan pertama apabila berhenti membayar iklan. Jika ingin halamannya kembali ditampilkan di urutan pertama hasil pencarian, pemilik situs cukup membayar iklan lagi. Berdasarkan semua perbedaan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hasil pencarian di mesin pencari yang SEO adalah hasil utama, sementara hasil pencarian dari situs non-SEO hanya sebagai hasil tambahan saja. Dari segi bisnis, tambahan income dapat diperoleh dari situs dengan SEO ini. Menimbang kelebihan serta kekurangan dari website yang menerapkan Search Engine Optimization, kita akan semakin bijak dalam menentukan pilihan apakah akan menggunakan SEO atau tidak.

Baca Juga : Apa Saja Teknik Dalam SEO?

Leave a Reply