Teknologi Canggih Dan Terbaru Di Bidang Otomotif

Perkembangan teknologi ke arah yang lebih canggih terjadi di berbagai bidang dalam kehidupan. Tak terkecuali juga adalah bidang otomotif. Pasar teknologi yang semakin kompleks menjadikan industri otomotif pun turut serta untuk mengembangkan teknologi canggih dan terbaru. Tujuannya juga untuk memenuhi kebutuhan para konsumen yang semakin kesini kebutuhannya semakin banyak dan semakin menuntut kecanggihan teknologi. Teknologi canggih dan terbaru di bidang otomotif yang tahun 2017 ini dikembangan dengan lebih baik lagi antara lainnya adalah sebagi berikut :

  1. Baterai hibrida ukuran kecil. Teknologi di sektor baterai dari waktu ke waktu sering menjadi persoalan produsen mobil hibrida dalam mengembangkan produknya. Dikarenakan ukurannya yang lumayan besar. Namun beruntungnya, teknologi terbaru telah dikembangkan dengan mengganti baterai konvensional atau jenis lama dengan bahan lithium superionic conductors atau thio-LISICONs yang tujuannya untuk mengurangi berat maupun ukuran dari baterai agar lebih kecil.
  2. Ban dengan teknologi canggih yang memungkinkan untuk dapat mengisi angin sendiri. Pada dunia otomotif, perusahaan ban pun tak ingin tinggal diam ditengah-tengah keramaian perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Salah satu inovasi yang ditunjukkan oleh produsen ban dengan teknologi canggih dan terkini adalah dengan mengembangkan produk Air Maintenance Technology atau bank yang bisa secara otomatis mengisi angin sendiri. Jelasnya ini adalah sebuah inovasi kecanggihan teknologi yang begitu ciamik.
  3. Cloud Computing pada mobil. Sekarang ini teknologi canggih cloud computing dan juga sistem pengenal suara tengah menjadi trend teknologi tersendiri di dunia otomotif sampai dengan tahun 2017 sekarang. Perkembangannya berjalan dengan pesat. Mobil yang mengembangkan teknologi ini menjadikan pengendaranya mengetahui tentang keadaan lalu lintas, batas kecepatan maupun petunjuk lainnya supaya terbebas dari daerah yang macet.
  4. Pemanfaatan energi panas hasil pembuangan. Sebuah penelitian membuktikan kalai sepertiga energi serta bahan bakar pada mesin menjadikan panas yang ditimbulkan terbuang dengan sia-sia. Sampai dengan sekarang, sudah lumayan banyak pengembangan dan pemakaian teknologi canggih seperti teknologi turbocharger salah satunya yang memanfaatkan turbin di saluran pembuangan untuk menggerakkan crankshaft. Ada juga pabrikan mobil yang mengembangkan pemanfaatan energi panas dari sisa pembakaran yang terjadi di mesin.
  5. Mesin kecil dengan performa yang ciamik. Cukup banyak perusahaan mobil yang belakangan ini mulai membuat mesin hemat bahan bakar. Mesin dengan kapasitas yang kecil akan tetapi punya performa yang ciamik untuk dapat menghemat bahan bakar memang tengah cukup banyak diincar para calon pemilik mobil.
  6. Perangkat sistem pembakaran dengan masa pakai yang lama. Penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa busi konvensional alias busi dengan model lawas sebetulnya kurang sanggup untuk melakukan pembakaran bahan bakar. Sehingga menjadikan gas buang yang berlebih. Penelitian lainnya dilakukan dengan memakai beberapa busi yang lebih untuk pembakaran kompresi tinggi di mesin 3.5 liter V6. Dari penelitian tersebu menghasilkan pembakaran lebih sempurna serta sistem pengapian yang masanya lebih lama. Serta tentu lebih hemat.

Leave a Reply